Jumat, 11 November 2011

Summer in Seoul

Judul : "Summer In Seoul"
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia
Genre : Metropop
Tanggal Terbit : November-2006
Jumlah halaman : 280 halaman

Dulu kalau aku tak begitu, kini bagaimana aku? Dulu kalau aku tak di situ, kini di mana aku? Kini kalau aku begini, kelak bagaimana aku? Kini kalau aku di sini, kelak di mana aku? Tak tahu kelak ataupun dulu Cuma tahu kini aku begini. Cuma tahu kini aku di sini. Dan kini aku melihatmu...

Begitulah sekelumit prolog novel “Summer in Seoul” karya Ilana Tan yang terasa begitu menyentuh. Novel pertama dari keempat novel tetraloginya ini menceritakan tentang Jung Tae- Woo, seorang penyanyi muda terkenal asal Korea yang kembali muncul setelah empat tahun menghindari dunia showbiz karena suatu alasan. Suatu saat dia dihadapkan dengan gosip yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang gay, karena selama ini dia tidak pernah terlihat dekat dengan seorang wanita. Untuk meredam gosip itu, Jung Tae – Woo berpura-pura menjalin hubungan asmara dengan seorang gadis misterius. Gadis misterius itu adalah Sandy alias Han Soon-Hee, gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenal keartisan Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikitpun tidak terkesan padanya.

“Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku,” kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, “Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat.”

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya dan sama sekali tidak meminta imbalan. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya untuk terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai “kekasih” Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Rasa selalu ingin bersama, rasa selalu ingin membuat satu sama lain tertawa dan rasa untuk saling memiliki.Rasa itu mulai ada. Namun ketika rasa itu tumbuh, ketika benih-benih cinta itu mulai terasa dalam hati mereka, keduanya harus dihadapkan dengan kebenaran kisah empat tahun lalu yang tanpa disadari sedang mengejar mereka. Kebenaran yanng membuat Jung Tae-Woo meninggalkan dunia keartisannya empat tahun lalu, kebenaran yang selama ini disembunyikan Han Soo Hee (Sandy).

Namun cinta mereka adalah cinta sejati. Cinta yang bukan sekedar ingin memiliki tapi juga saling mempercayai. Cinta yang tulus, benar-benar tulus. Ketulusan cinta mereka itulah yang membuat mereka sanggup menghadapi batu terjal dalam hubungan mereka. Pada akhirnya cinta mereka lah yang menang.

Ilana Tan mampu mengambil hati para remaja lewat novel pertamanya ini, merupakan sebuah prestasi yang patut diacungi jempol bagi penulis awal sepertinya. Kata-kata yang ia torehkan dalam novelnya, mengalir lembut dalam pikiran pembaca, begitu rapi dan begitu tertata. Ia juga berhasil menggambarkan dan memberikan kesan kuat “Korea Selatan” dalam novelnya hingga pembaca pun merasa sedang menonton sebuah drama Asia Korea.

Selain itu Ilana Tan berhasil menyuguhkan sesuatu yang baru bagi pembaca novel nusantara, dia menggabungkan keempat nama musim dengan negara-negara besar sebagai judul novelnya, salah satunya adalah Summer in Seoul. Meski begitu, dia tetap memberikan sentuhan Indonesia di dalamnya, terlihat dari tokoh utama wanita Han Soo Hee (Sandy) yang merupakan peranakan Korea-Indonesia. Inilah kelebihan dari novel Ilana Tan.

Sayangnya, alur cerita novel ini terlalu mudah ditebak, dan klimaksnya pun kurang mengena di hati pembaca. Walaupun begitu, novel ini tergolong novel yang patut dipertimbangan untuk dibaca karena memiliki cerita yang kuat dan ciri khas dibanding novel-novel lainnya. Novel Summer in Seoul yang mengangkat tema percintaan ini sangat cocok bagi pembaca remaja yang notabene terikat kuat dengan hal percintaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar